Pages

Thursday, January 31, 2013

TUTORIAL BERSAMA DOSEN MUDA


What ?? Apa ya sebenarnya Tutorial Prasat itu? Terus kenapa kebidanan blora ngadain itu? That’s right, bener banget pertanyaan itu.
Tutorial prasat adalah pembelajaran tentang praktik kerja lapangan yang di lakukan untuk menambah keterampilan para mahasiswa sebelum melakukan praktik pada mata kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan I. Kebidanan Blora mengadakan kegiatan tersebut dengan tujuan untuk menambah keterampilan mahasiswanya, sehingga dapat membantu memperlancar dan menambah keterampilan mahasiswa saat melakukan praktik baik saat ujian maupun saat praktik lapangan.

Sebelumnya kami merasa agak aneh dengan tutorial ini karena sebelumnya kami hanya mendapat penjelasan praktik dari dosen yang bersangkutan, namun belum mencoba mempraktikkannya sendiri. Dengan alasan itu maka mahasiswa mempunyai inisiatif untuk mengadakan tutorial tersebut.
Tutorial prasat ini jauh lebih efektif daripada kita mengadakan praktik langsung dengan dosen. Kenapa? Karena tutorial prasat ini dipraktikkan secara berkelompok, ada sekitar empat kelompok, satu kelompok terdiri dari 10 orang. Dimana ada empat dosen yang memberikan tutor. Dosen yang memberi tutor pun masih tergolong muda, so cukup membantu dan mudah untuk mengerti penjelasan yang diberikan.
Sistem yang diterapkan adalah sistem rolling. Sistem ini dipilih agar semua mahasiswa mendapatkan giliran semua praktik yang diadakan. Setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan semua praktik. Mahasiswa juga diajarkan bagaimana berkomunikasi pada pasien layaknya praktik dilapangan. Jadi, mahasiswa diharapkan benar-benar mampu melakukan semua praktik tersebut. Agar tutorial ini dapat diikuti oleh para mahasiswa dengan serius, maka para tutor juga mengadakan penilaian dan evaluasi.

Dengan demikian, mahasiswa dapat mempunyai gambaran secara gamblang mengenai bagaimanakah ujian praktik yang sesungguhnya itu dan seperti apakah bentuk pelayanan yang diberikan kepada pasien ketika berada di lapangan. Selain itu, dengan adanya evaluasi yang diberikan para tutor, mahasiswa dapat mengetahui dimana letak kesalahannya dan diharapkan mahasiswa dapat memperbaikinya.
Itulah manfaat pemberian tutorial prasat KDK 1. Setelah tutorial tersebut selesai diadakan, banyak mahasiswa Kebidanan Blora yang merasa puas. Kami merasa pemberian tutorial prasat KDK 1 ini sangat bermanfaat dan efektif.  Kami berharap tutorial prasat KDK tidak hanya diberikan pada materi KDK 1 saja, tapi KDK 2, KDK 3, dst.

(Oleh: Lia Tri Windarti_mahasiswi smt I tahun 2013)

1 comments: